Friday, August 15, 2008

Ujian CCF [2]

gw baru aja kecelakaan motor.
gara2 si ibu2 amatiran yg make motor kek naek kuda ostrali, ditambah jalan licin gara2 ujan, gw sukses sliding di tikungan gara2 dipepet tu ibu koboy. alhasil gw koprol dan guling2an. biar ga keliatan cupu, gw lompat bangun gaya kungfu. gak lupa jempol gw acungkan ke orang2 yg mangap nonton di pinggir jalan. si ibu koboy kaget dan langsung grepe2 gw. "gapapa kan dek? gapapa kan dek?".
......
ancur kesan ganteng gw.

di saat2 gini, gw nyesel kenapa keris ga gw bawa.


Back to Topic.

***

Iwan adalah sosok yg paling invincible. bukan karena dia gagah, perkasa, ga mempan dilindes bis kota, ato punya bulu dada berbentuk huruf S. tapi karena dia invisible, hence invincible. ok. failed wordplay. ...
so,
perna ada orang negro yg dateng ke CCF, namanya Bako klo ga salah, ato batako? gw lupa. saat itu, Iwan lg ngobrol mesra dg bako. gw dan temen2 yg ngeliat bengong.

serasa hadir di reuni superhero.
reuni hollow man.

selain itu, klo iwan jalan di bawah terik matahari. kita bakal konsentrasi penuh ngeliatin dia. bukan karena dia ganteng. tapi lebih untuk ngebedain. mana yg orang, mana yg bayangannya.

yak. dialah le prince du noir. guru gw di CCF.

di balik karunia2 fisiknya itu. iwan adalah orang yg norak, bokep, dan rame. yah biar balance lah.


Note: don't take it too seriously, people. no SARA intended
***

bayangan yg gw liat di depan kelas pas hari ujian itu, tak laen dan tak bukan adalah iwan. di tangannya dah nyelip map soal ujian. dia nyengir. gw kaget, anak2 pada kaget.
Tami langsung ngeluarin salib sama bawang putih. gw komat kamit baca ayat kursi sambil pegang botol. iwan terbakar dan tereak2 minta ampun.

lo pikir ni acara pemburu hantu?

iwan maju ke depan kelas. dia cuma geleng2 kepala ngeliat formasi kursi kita, tapi ga komplen. sipp, nilai ples buat iwan.

au fait, gw duduk di antara Ari toa si leader trio kampret dan Tami. menurut gw ni adalah posisi ideal. ari dan temen2nya adalah source yg reliable buat nyontek, karena sebelom iwan dateng, mereka dah menuhin meja dg contekan segala rupa. mantab satu.
dan Tami adalah anak kelas aksel pas SMP dan baru aja masuk SMA 3 Bandung. kejeniusannya gak diragukan (walo kewarasannya iya). mantab dua.
kesimpulannya : gw bisa ongkang2 kaki pas ujian.

soal dibagikan.

gw nyante.
 

iwan ngejelasin tiap2 segmen soal, maksud soal, dan cara ngejawabnya. 
ujian pun dimulai. ga berapa lama iwan keluar. napsu buat ngerokoknya uda ga tertahankan. pintu gw tutup, dan misi dijalankan.

trio kampret beraksi. tami dan santi mulai diskusi. yudi yg ga kebagian masuk formasi dan duduk di belakang gara2 telat pun buka i-pod buat liat contekan. ga jarang dia maju2 ke depan buat nanya2.
gw? cukup tengok kanan kiri.

iwan sempet ngintip2 utk ngeliat kita nyontek apa kaga, tapi begitu gw lempar tulang, dia langsung melompat meraung2. buheheh, kidding.

tapi soalnya banyak pisan!
gw jadinya ngebagi tugas sama tami dan trio kampret. mereka ngerjain yg soal2 yg awal, gw yg terakhir2. walo akhirnya gw mesti verifikasi jawaban mereka juga si. repot emang jadi orang pinter. lo ga usah protes.

tibalah kita di soal listening. iwan kembali ke kelas. sesi ini cuma ada dua soal.

soal pertama, kita disuruh ngisi mana aja barang yg dibeli oleh si bule. jadi ada list barang terus kita disuru centangin barang yg dibeli. piece of cake.
tape dinyalakan (iya, masi pake kaset. emang cupu CCF Bandung). suara bule mantul2 ke seluruh ruangan. kemudian sunyi.
gw senyum. yg laen panik. kuping gw nangkepnya, "ze khhkhkhhkhrongkhorongkhorong... khkhkhorongkhorongkhorong..". emang gw brilian. yg laen idiot semua. ini mah gampang. tu bule kan cuma mau beli kerang. banyak kerang. gw cari kata kerang di antara list pilihan. loh kok ga ada?
ah, gw ketawa kecil sambil nepok pala. ini pasti maksudnya koran. orang prancis kan klo bilang koran jadinya korong. 

bedeuh, gw hebat. 
gw lirik ke anak2 yg laen, mereka kalang kabut. hhh, kesian. gini aja ga ngarti. gw lemparkan pandangan menghina ke calon2 pengangguran masa depan itu.
sayang sekali teman2, kita emang berbeda.
penuh percaya diri gw tatap kertas soal, dan dengan sigap gw telusuri list barang tersebut, cari kata koran.

beberapa detik kemudian, gw sadar klo gw berada dalam masalah. masalah besar.

gw histeris. otak mimisan. ancol! gw ga dapet apa2! gw lirik kertas Tami blom diisi. gw lirik kertas Ari, kosong melompong. gw pasrah. angkat daku ke haribaanmu Ya Tuhan..

ok, soal kedua.
ceritanya ada bagan silsilah keluarga. kita jadi thomas dan disuruh nebak mana yg nyokap, bokap, sodara2, sepupu, dll, plus pekerjaannya apaan. tape dinyalakan, lagi. suara bule mantul2 ke seluruh ruangan, lagi. kemudian sunyi. lagi.
begitu seterusnya sampe 3 kali.

ga beda dg sebelumnya, terjadi histeria massal. otak gw kejang. dg niat mereduksi laju darah yg mengiris2 sarap ensefalon gw, gw pengen nulis "majikan" di bawah nama thomas, dan yang laen gw isi "pembantu". jadinya gampang, hubungan di gambar ini hanyalah hubungan majikan dan pembantu.

....

eniwei, soal yg ini lebih mendingan. gw masi bisa ngeraba2 jawabannya apaan. klo ada yg kaga tau, tinggal liat Tami. trio kampret juga sedikit ngebantu. bagoss.

iwan keluar lagi. kelas jadi pasar lagi.
gw masih mantengin list barang di soal yg pertama tadi. hati gelisah. selangkangan basah.
gw liat tape. makin lama makin fokus ke satu titik. jangan2..

KASETNYA MASI ADA DALEM TAPE!

to be continued. pegel nulis.

À plus tard,
Halu

3 comments:

Anonymous said...

Ya olo...kualat lo membeberkan aib buruk guru sendiri hihihihihi....tapi kalo gurunya iwan mah teu nanaon lah :) Pisss ah!

L. Pralangga said...

Regards to Monsieur Bako, then.. :) I wonder if he reads this blog as well...

a j e n g s i p e l a n g i said...

beuuhh.. saia setuju. jatoh dari motor itu emang bisa mmbuat kita juah lebih keren pak.. dapet feel kerennya. mantap!